18.03.00
1


TEMPAT - TEMPAT WISATA ALAM DI sekitar BANDUNG

#BANDUNG bukan hanya sebuah nama tapi anugerah terindah yang sayang jika di kenal dari nama saja, jangan lewatkan tempat-tempat wisata Alam ini. Karena sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun asing, bahkan warga #BANDUNG itu sendiri tak pernah bosan berkunjung ke tempat wisata ini, so jangan dilupakan. 
Berikut ini tempat wisata yang digolongkan berdasarkan area wilayah di 
#BANDUNG sehingga memudahkan Anda menempuh perjalanan sehingga tidak bolak-balik, maklum #BANDUNG sekarang musimnya macet, apalagi saat weekend. 
 

WISATA BANDUNG UTARA  

1. Air Terjun Maribaya / Curug Omas
Wisata air ini sangat ramai, apalagi saat weekend. Letaknya sebelah timur Lembang arah ke desa cibodas. Dari Lembang anda bisa mengambil jalan ke kanan sekitar 7 km maka Anda akan sampai ke wisata Maribaya. Yang menarik lokasi wisata ini bisa juga di tempuh dari Dago Pakar / Tahura Djuanda Kota Bandung.
 
2. Tangkuban Perahu
Tempat wisata ini paling populer dan merupakan menu wajib bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Bandung. Sekitar 7 kilo meter arah utara Lembang, dapat juga ditempuh dari Subang. Ada banyak pilihan wisata di Gunung Tangkuban Perahu ini yang tentunya selain melihat fenomena kawah Ratu, Upas, Domas, anda juga dapat hikking ke Hutan Jayagiri, Hutan Cikole, Anda bisa berdingin ria bersama kabut yang menyelimuti gunung Tangkuban Perahu.
 
3. Ciater
Merupakan Air Panas, letaknya di Kabupaten Subang yang berada tepat di kaki gunung Tangkuban Perahu menuju Subang. Setelah dari Tangkuban, Anda bisa meluncur ke arah Subang untuk berendam di Air panas Ciater maupun ke Resort Sariater Subang.
 
4. Kebun Teh 
Sering kali wisatawan melepas penat di perkebunan Teh utara Tangkuban Perahu, sambil menikmati jagung rebus/bakar, teh hangat atau ketan bakar serta Nanas Madu yang manis dan aneka oleh_oleh yang beraneka ragam di pinggir jalan.
5.Dago Pakar / TAHURA Ir.Juanda
Merupakan satu kawasan wisata alam yang terdiri hutan lindung, ada curug/air terjun Dago yang legendaris/bersejarah dan Curug Omas Maribaya, hingga goa bersejarah yang terkenal yaitu Goa Jepang dan Goa Belanda yang sayang untuk di lewatkan jika tidak dikunjungi. lokasinya jelas ada di Dago sebelah utara kota Bandung dan dapat tembus ke Maribaya Lembang.
6. Curug Cimahi / Curug Pelangi / Rainbow Waterfall
Berlokasi di Kecamatan Cisarua Kab. Bandung Barat, tempat ini tepat berada di pinggir jalan Kol.Masturi. Air terjun ini terkenal karena panorama yang beda apalagi sore hari di suguhkan pemandangan warna-warni dari reflektor lampu LED yang sangat pas untuk kenang-kenangan ketika kita memadu kasih.. cieeeee ^_^ 
7. Cipanas Nagrak
Disini pengunjung dapat berenang di kolam air hangat yang asli dari belerang gunung Tangkuban Perahu dan terus mengalir sehingga nampak seperti air terjun Niagara. Berlokasi di Kampung Nagrak Desa Sukajaya Kecamatan Lembang aksesnya juga sangat mudah karena bisa dilalui dari jalan Kolonel Masturi tidak jauh dari objek wisata Dusun Bambu Cihideung Parongpong. Wisata ini masih dikelola swadaya oleh warga dengan area parkir luas dan biaya masuk murah yaitu Rp. 5000 saat weeday dan Rp.10.000 saat weekend.
8. Situ Lembang 
Situ/Danau ini berlokasi di kaki gunung Burangrang Kecamatan Cisarua, pintu masuk utamanya ada di Jl.Kol.Masturi antara Curug Cimahi dan RSJ Prov.Jawa Barat dan saat ini pengelolaannya di bawah PTPN tapi di menfaatkan oleh Mabes TNI untuk latihan perang dan PDAM Kota Bandung sebagai sumber air baku. Jika dulu warga bebas berkunjung ke tempat ini, saat ini kita harus mendaoat izin dulu dari satuan kavaleri Parongpong.
9. Wisata Geger Bintang
Berada di ketinggian 1.587 meter di atas permukaan laut, dan berlokasi di dekat rumah saudara mimin (sebutan untuk admin redaksi hhehe) yaitu di Jalan gunung Putri Kecamatan Lembang, di kawasan itu pengunjung bisa melayangkan pandangan bebas ke arah Lembang dan Kota Bandung. Di sana, juga tampak jelas sejumlah gunung yang mengitari Bandung, seperti Gunung Manglayang, Bukit Tunggul, Tangkubanparahu, dan Burangrang. Lokasi wisata ini buka 24 jam jadi pengunjung bisa menyaksikan mulai dari surise hingga sunset dan sunrise lagi.. ^_^
************ 
 
WISATA BANDUNG TIMUR  

1. Curug Cinulang
Sebuah Curug yang ada di Cicalengka, sekitar 20 km dari kota Bandung. Dari Cicalengka ambil arah utara sekitar 7 kilo Anda akan menjumpai curug atau air terjun Cinulang. Ramai sekali jika musim liburan.
 
2. Wisata Hutan Kareumbi
Merupakan eco wisata yang ada di Cicalengka utara. Dapat dilalui setelelah melewati Curug Cinulang sekitar 5 kilo lagi. Bisa bermain di hutan Karembi bahkan tersedia rumah pohon. Cocok untuk anda dan keluarga
 
3. Wana Wisata Oray Tapa
Apa yang terdapat di wana wisata Oray Tapa ini? Terdapatnya hutan campuran antara cemara dan pinus dengan suhunya yang sejuk dan pemandangan khas kota Bandung yang  sayang untuk dilewatkan. Disini kita bisa hikking, camping, trail bahkan ada mitos yang berkembang yaitu ada sumber mata air ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Lokasi wana wisata ini ada di Desa Mekarmanik Kec.Cimenyan.
4. Situs Batu Kuda
Batu kuda adalah wisata Alam yang terletak di Bandung Timur, dapat ditempuh dari Cinunuk - Cibiru naik ke atas. Disana anda bisa bikin kemah atau sekedar melepas penat sambil melihat kota Bandung dari lereng Gunung Manglayang.
5. Caringin Tilu - Bukit MOKO - Bukit Bintang
Lokasi ini memang sangan familiar bagi anak muda khususnya Kota Bandung karena lokasinya mudah diakses yaitu dari Jl.Padasuka masuk dari Jl.Surapati ke arah Saung Angklung Udjo yang legendaris itu lalu terus ke utara. Infrastuktur jalan sudah mendukung hanya memang kendaraan dan mental harus fit karena akan ditemui banyak tanjakan ekstrim tapi setelah sampai di puncak, kita bisa melihat hamparan kota Bandung yang seperti mangkuk.
**************** 

WISATA BANDUNG BARAT
 
1. Waduk Cirata
Bendungan Cirata adalah bendungan yang ada dikawasan Bandung Barat. Bisa dicapai sekitar 20 km dari kota Bandung lewat arah Padalarang - Purwakarta. Anda bisa melepas lelah disana sambil makan nasi liwet dan naik perahu keliling bendungan sambil lihat keramba ikan.
 
2. Situ Ciburuy
Situ Ciburuy ada di Padalarang, dekat terminal. Situnya tidaklah terlalu besar, kita bisa sewa perahu untuk keliling danau bersama keluarga.
 
3. Bendungan Saguling
Bendungan Saguling ada di Bandung Barat, bisa dicapai dari Batu Jajar ambil arah Cililin. Disana anda bisa naik perahu sekalian cari wajit Cililin yang terkenal itu.
4. Curug Malela
"Niagara Falls Tanah Sunda" ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu,  Kabupaten Bandung Barat yang dapat di tempuh setelah melewati Batujajar dan Cililin. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati dan mengalir melalui Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 meter, dengan lima jalur air terjun yang letaknya tak terlalu jauh. 
5. Stone Garden / Goa Pawon
Wisata ini berada di Cipatat Padalarang yang konon merupakan warisan dari kehidupan pra sejarah tapi menghadirkan nuansa yang berbeda karena masih alami dan jarang orang yang mengetahui.
********
 
 
WISATA BANDUNG SELATAN  

1. Kawah Putih
Merupakan wisata legendaris di Bandung, banyak yang melakukan pre wedding di tempat ini karena indahnya. Bisa ditempuh dari Ciwidey arah Patengan, kemudian ambil jalan masuk kiri. Kalau bisa mobil taruh di bawah saja, habis kalau dibawa naik tarifnya gila-gilaan. he he he
 
2. Rancaupas
Merupakan wisata alam untuk bumi perkemahan, ditempat ini bisa lihat hutan alam dan peternakan rusa. Cocok buat refreshing bersama keluarga.
 
3. Wisata Air Panas
Disekitar perjalanan arah Ciwidey - Situ Patengan banyak sekali wisata air panas, anda bisa berendam disana untuk melepas penat.
 
4. Situ Patengan
Sebuah bendungan dikawasan Bandung selatan yang perlu Anda kunjungi sambil menikmati indahnya kebun teh yang dingin. Diana anda bisa naik perahu keliling bendungan sambil menikmati indahnya kebun teh yang kadang sering diselimuti kabut.
5. Kawah Rengganis / Kawah Cibuni
Onsen ala Jepang ada juga di Bandung, berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang. Mobil atau bus biasa diparkir di pinggiran jalan penghubung Bandung dengan Cianjur, sedangkan sepeda motor bisa masuk sampai ke lokasi kawah. Aliran air panas tersebut ditata menjadi pancuran, sungai air panas, dan kolam alami laiknya onsen ala Jepang.
6. Cibolang Pangalengan
Sebuah sumber air panas yang mana bisa kita gunakan merendam diri. Untuk mencapai Cibolang anda perlu menempuh 40 kiloan ke arah Pangalengan Bandung Selatan.
 
7. Situ Cileunca
Merupakan danau yang ada di Pangalengan Bandung selatan, anda bisa berkemah atau naik perahu keliling danau sambil petiks strowbery.
8. Situ Cisanti
Lokasi ini berada di kaki gunung Wayang Majalaya yang merupakan awal/hulu dari sungai CITARUM. Danau ini masih sangatasri da indah berbeda dengan sungai citarum yang sudah tercemar limbahindustri.
9. Wisata Gunung Puntang
Merupakan tempat wisata nan dingin yang sering digunakan untuk bumi perkemahan. Sangat asyik jika dikunjungi bersama keluarga.Untuk mencapainya anda perlu mengambil arah Bandung - Banjaran. Dari Banjaran ambil arah Pangalengan sekitar 5 kilo maka anda bisa masuk kekiri ke arah Gunung Puntang.

Itu sepenggal daerah wisata yang ada di sekitar Bandung, masih melimpah tempat_tempat wisata lain yang ada di sekitar Bandung, nanti jika ada waktu mimin up date lagi ya... ^_^ 








1 komentar:

↓ Artikel Paling Populer Ada di Bawah ↓

event sekitar BANDUNG

Try Out Nasional SBMPTN

Konser Swara Derma

Gema Tekno.9 UIN Bandung

Tax Grand Seminar Unpad

Floor For the Last Stand vol.2

Pages - Menu