04.53.00



Bandung, sekitarBANDUNGcom - Ada yang sudah kena macet sekitar Kopo, Cibaduyut, Leuwipanjang?

Ya, ada pembangunan flyover baru yang melewati persimpangan sebidang jalan Raya Kopo dan Persimpangan Cibaduyut Jl. Soekarno – Hatta kota Bandung.

Dilansir dari laman resmi binamarga.pu.go.id, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Hari Suko Setiono mengatakan, nantinya fly over ini akan menggunakan bore pile dengan diameter 1,2 m.

Sedangkan untuk struktur jembatannya, akan menggunakan teknik single pier yang masing-masing jaraknya 45,5 m dan 50m. Menurutnya untuk balok yang digunakan adalah PCI girder 45,5 m yang digunakan di atas eksisting jalan.

"Selain itu, balok PCI girder 49 m, digunakan untuk eksisting persimpangan Jalan Raya Kopo dan Jalan Raya Cibaduyut," ungkapnya kepada wartawan usai Penandatanganan Kontrak Pembangunan Fly Over Kopo di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Jln. AH. Nasution, Kota Bandung, Jumat (13/11/2020).

Pada kesempatan yang sama, ‎Kepala Satuan Kerja PJN IV Balai Besar Pelaksanan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Howardy menerangkan, nantinya flyover ini memiliki 4 jalur. Sehingga apabila dijumlahkan dengan jalur sebelumnya yang ada dibawahnya, maka totalnya ada 8 jalur.

"Maka diharapkan dengan 8 jalur yang ada, kepadatan kendaraan dari arah Cibiru menuju Cibereum maupun sebaliknya ‎bisa lebih terkendali. Langkah awal pembangunannya adalah dengan melakukan sosialisasi dilapangan bagi masyarakat sekaligus survei," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial berharap dengan adanya Fly Over Kopo tersebut, maka kemacetan akibat banyaknya kendaraan dan kurangnya akses jalan bisa berkurang dan lebih lancar.
"Saya juga berharap setelah proyek ini selesai, akan ada proyek lainnya untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung," tambahnya.

Semoga persimpangan lain yang sering terjadi kemacetan segera dibangun solusi agar warga dan pengguna jalan semakin nyaman.





Sumber: binamarga.pu.go.id
Editor: Dudi Abdulah

0 komentar:

Posting Komentar

? Artikel Paling Populer Ada di Bawah ?

Pages - Menu