Latihan Pertahanan Pangkalan Dan Pembebasan Sandera Di Lanud Husein Sastranegara

 



“ Pengamanan VIP tentunya mempunyai resiko tinggi, untuk mencapai keamanan terbaik terhadap pejabat negara”.

Hal ini disampaikan Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Ali Gusman, S.T., M.M.,  pada pembukaan Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) dan Pengamanan VIP bersama Pusdiklat Paskhas bertempat, di Mako Lanud Husein Sastranegara ,Kamis (2/9/2021).

 

Danlanud menegaskan  tujuan dari simulasi ini adalah untuk menumbuh kembangkan jiwa korsa sesama anggota Lanud Husein Sastranegara . Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun beregu untuk menghadapi bahaya teroris dan ancaman lainya. 

 

Danlanud juga berharap dengan adanya latihan ini    dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pejabat VIP sehingga tujuan dari diadakannya pelatihan simulasi dapat tercapai.

 

Latihan yang melibatkan 95 personel Lanud Husein Sastranegara dan 45 orang dari Satuan Pendidikan Khusus (Satdiksus) Pusdiklat Paskhas  dilakukan selama dua hari. Pada hari pertama dilakukan simulasi penghadangan dan penculikan tamu VIP oleh segerombolan teroris.Dihari kedua Jumat,  3 September 2021 dilanjutkan operasi pembebasan sandera di PT Dirgantara Indonesia.

 

Sementara menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Husein Sastranegara Letkol Lek I Ketut Wiratmaja, S. SiT,   dengan adanya latihan ini akan  menjadi bekal untuk seluruh anggota Lanud Husein Sastranegara  lebih percaya diri  dalam melaksanakan tugas pengamanan VIP di satuan .

 

Sebelum latihan Kasiopslat Kapten Pas Agus Faturohman bersama Dansathanlan Kapten Lek OO Sobar B  memberikan  teori  dan materi lapangan praktek latihan simulasi di  lapangan tembak Lanud Husein Sastranegara.


Penulis : Iwan I Lumintang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama