Paid Promote

Sekitar Bandung
Rabu, 02 Maret 2022, 19.40.00 WIB
Last Updated 2022-03-03T04:00:16Z
BandungberitakriminalLalu Lintasviral

94 ORANG TERSANGKA PENCURIAN DAN 108 UNIT MOTOR DIAMANKAN POLRESTA BANDUNG, CEK APA ADA MOTOR KAMU DISINI!

Advertisement

sekitarBANDUNGcom - Kurun waktu 10 hari, Polresta Bandung berhasil mengungkap dan mengamankan sebanyak 94 tersangka kasus tindak pidana pencurian roda dua diwilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Para tersangka tersebut diamankan dalam rangka Operasi Jaran Lodaya 2022 yang digelar Polresta Bandung sejak 17 – 26 Februari 2022 lalu.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan selama operasi jaran yang digelar oleh jajaran Polsek Polresta Bandung 108 unit kendaraan roda dua berbagai macam merk berhasil diamankan.

"Pengungkapan kasus ini dalam kurun waktu 10 hari kemarin selama operasi jaran lodaya 2022,"katanya saat menggelar konferensi pers di Mapolresta Bandung. Selasa,(1/3/2022).

Operasi Jaran Lodaya 2022 yang digelar serentak di seluruh Polres Polda Jawa Barat sebagai upaya penegakan hukum terhadap kejahatan - kejahatan yang objeknya adalah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

"Modus dari para tersangka ini beragam, ada yang merusak kunci stang motor dengan menggunakan astag, memepet korban pada saat korban mengendarai sepeda motornya dan melakukan kekerasan dan ancaman kekerasan dengan menggunakan sajam kepada korban kemudian merampas motor korban,"ujarnya.

Dari 94 orang yang diamankan Polresta Bandung dua diantaranya sebagai penadah. 

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan dari 108 kendaraan yang diamankan tersebut nantinya akan dijadikan barang bukti saat persidangan. Namun apabila ada warga yang merasa kehilangan dan benar milik korban, kendaraan tersebut sementara bisa dipinjam pakaikan.

"Apabila ada yang merasa kehilangan bisa datang ke Polresta Bandung, nanti akan dibuatkan surat pernyataan pinjam pakai. Namun demikian apabila berkas sudah lengkap dan dikirim kekejaksaan pada tahap dua penyerahan berkas perkara tersangka dan barang bukti kami mohon untuk mengembalikan barang buktinya," tutupnya.


Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para tersangka dijerat ancaman hukuman penjara selama-lamanya 12 (dua belas) tahun, dihukum pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan.


Editor: Dudi Abi