Notification

×

Iklan

Iklan

Masjid Al-Jabbar Menuai Kritik : Kemegahan Bangunan 1 Triliun Ditengah Kemacetan Dan Banjir Di Wilayah Bandung Timur

| Jumat, Januari 06, 2023 WIB


 sekitarBANDUNGcom - Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar yang disinyalir menelan dana dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar 1 (satu) Triliyun Rupiah menuai bannyak kritik dari masyarakat, khusnya dari netizen di sosial media.

Pasalnya pembangunan masjid yang megah tersebut, seakan menutupi banyaknya PR pemerintahan Gubernur Ridwan Kamil dalam menyelesaikan persoalan publik di Provinsi Jawa Barat. salah satu yang menjadi fokus kritik para netizen adalah dalam hal transportasi publik. Disamping itu kemacetan yang terjadi di ruas jalan sekitaran masjid Al-Jabbar  sejak akhir bulan Desember sampai dengan awal tahun 2023 membuat masyarakat mempertanyakan kesiapan Pemprov Jawa Barat dalam memeprhitungkan dampak negatif dan positif dari pembengunan Masjid Al-Jabbar.


Sebagaimana yang diketahui bahwa akses menuju lokasi masjid Al-Jabbar masih kurang memadai, pasalnya jalan Cimimcrang hanya dapat dilalui dua arah, itupun masih berdesakan. Belum lagi kawasan terebut merupakan kawasan yang padat penduduk dan selalu menjadi 'langganan' macet juga banjir.


Apalagi saat malam hari, Masjid Al-Jabbar terlihat begitu terang, ditengah kawasan Cimincrang-Gedebage yang masih minim penerangan. Hal tersebut menjadi sebuah ironi yang nyata terlihat, padahal berada didalam satu kawasan yang sama, namun terlihat begitu timpang. 


Saat ini MAsjid Al-Jabbar menjadi destinasi wisata religi paling favorit bagi masyarakat dari berbagai daerah, tentu saja tanpa pengelolaan yang baik, masjid ini haya akan membawa dampak negatif seperti kemacetan, kerumunan masyarakat dan kepadatan yang menjadi PR bagi Gubernur Ridwan Kamil untuk menyelesaikan persoalan tersebut.


Permasalahan tersebut hanya sepersekian dari total permasalahan lain di Jawa Barat yang membutuhkan kucuran dana APBD Provinsi Jawa Barat, seperti banyaknya jalanan yang rusak dan tidak layak pakai di daerah priangan seperti Garut, Tasik, Kabupaten Bandung dan masih banyak lainnya, pemulihan pasca bencana di Cianjur, sampai ke permasalahan mendasar seperti pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi angkanya di Provinsi Jawa Barat.


Maka, sudah tepatkah APBD yang digunakan Pemprov Jawa Barat untuk membangun masjid megah Al-Jabbar?

Mampukah Ridwan kamil menyelesaikan janji Politiknya sebelum habis masa jabatannya di tahun ini?


Redaktur : Wildan Damang

×
Berita Terbaru Update