Notification

×

Iklan

Iklan

Pengangkutan Sampah Ke TPA Sarimukti Terkdendala, Warga Dihimbau Mengurangi Sampah Rumahan

| Sabtu, Januari 14, 2023 WIB
sekitarBANDUNGcom - Molornya pengangkutan sampah di wilayah Bandung Raya sejak sepekan terakhir ini disebabkan oleh terganggunya operasional alat berat di TPA Sarimukti.

Dua dari enam alat berat ekskavator yang biasa digunakan untuk menampung dan mengolah sampah yang diturunkan dari truk sampah mengalami kerusakan.

Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, operasional ulang ideal membutuhkan 6 ekskavator atau beko dan 2 buldozer untuk meratakan gunungan sampah dari 4 daerah di Bandung Raya setiap harinya.

Riswanto menyebutkan, TPA Sarimukti saat ini sedang memperbaiki 2 unit buldozer yang mengalami kerusakan. Ia menargetkan 2 alat berat itu bisa beroperasi kembali agar operasional TPA Sarimukti bisa kembali normal.

Akibat dari kerusakan alat berat itu, pengelola TPA Sarimukti cukup kelimpungan menerima kedatangan sampah dari wilayah Bandung Raya setiap harinya.

Selama 1 pekan terakhir, antrean panjang truk-truk pengangkut sampah terjadi. Untuk mengurai antrean, TPA Sarimukti terpaksa menambah jam operasional sampai pukul 20.00 WIB agar antrean truk pembuang sampah berkurang.

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung mengeluarkan surat pemberitahuan mengenai terkendalanya pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti sekaligus menghimbau masyarakat Kota Bandung untuk mengurangi sampah rumahan dan menahan sampah agar sampah tidak menumpuk di TPS.


Redaktur : Wildan Damang
Sumber : Kompas.com
Foto : 
×
Berita Terbaru Update