Notification

×

Iklan

Iklan

WAJIB BACA ! Kini Ada nyamuk DBD 'Kebal' Foging

| Jumat, Januari 13, 2023 WIB
sekitarBANDUNGcom - Penyakit demam berdarah(DBD) sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Tanah Air. Tak heran jika sebagai negara tropis, Indonesia menjadikan DBD sebagai pembunuh nomor satu. Kasusnya sendiri sampai dengan minggu ke-39 tahun 2022 mencapai 94.355 kasus, menurut Kemenkes RI. 

Kini kehati-hatian akan penyakit DBD wajib ditingkatkan tak hanya sekedar menerapkan 3 M (mengubur menguras menutup). Namun dibutuhkan pestisida yang lebih kuat untuk membasmi nyamuk demam berdarah yang kini sudah berevolusi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Jepang, Shinji Kasai bersama timnya telah mengkaji nyamuk-nyamuk dari beberapa negara di Asia serta Ghana. Mereka menemui mutasi telah menyebabkan nyamuk-nyamuk demam berdarah mampu bertahan dengan bahan kimia.

Perdebatan ini tiba pada penggunaan fogging yang ternyata juga makin kebal pada nyamuk demam berdarah. Bahkan nyamuk aedes aegypti ini dijuluki sebagai “nyamuk demam berdarah super”.  

Namun penelitian tersebut masih dalam proses pematangan, hingga nantinya dapat dihasilkan sebuah varian pestisida baru yang mampu membunuh nyamuk demam berdarah super tersebut.

Demi menghindari adanya kasus demam berdarah para wargi sangat dianjurkan untuk tetap menerapkan 3 M (mengubur menguras menutup) pada genangan air yang bisa menjadi sarang perkembang biakan nyamuk, selain itu pola hidup sehat seperti makan teratur dan cukup gizi, olahraga, dan menjaga kebersihan lingkungan harus terus digalakan apalagi setelah terdapat kabar nyamuk varian baru ini.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di liputan6.com dengan judul: Wajib Waspada, Kini Ada Nyamuk Demam Berdarah 'Super' Kebal Fogging.

Redaktur : Wildan Damang
Foto : pixabay
×
Berita Terbaru Update