Survey Cawapres LSI : Ridwan Kamil Pimpin Puncak Elektabilitas Tertinggi. Kalahkan Sandi & Erick

BERITA, POLITIK805 Dilihat
Survey Cawapres LSI : Ridwan Kamil Pimpin Puncak Elektabilitas Tertinggi. Kalahkan Sandi & Erick

sekitarBANDUNGcom – LSI Rilis Hasil Survei: Ridwan Kamil Puncaki Elektabilitas Calon Wakil Presiden untuk Pilpres 2024

Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah merilis hasil survei mengenai elektabilitas calon wakil presiden untuk Pilpres 2024. Dalam hasil tersebut, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dengan persentase elektabilitas sebesar 19,5%.

Survei ini dilakukan oleh LSI pada tanggal 12 hingga 17 April 2023, dengan populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei ini adalah +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dilakukan secara tatap muka.

Dalam keterangannya, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menyebutkan bahwa hasil survei kali ini tidak jauh berbeda dengan hasil survei pada awal April lalu. Ridwan Kamil tetap menduduki posisi teratas dalam hal elektabilitas.

“Simulasi 17 nama calon wakil presiden yang secara semi terbuka dilakukan menunjukkan temuan yang tidak berbeda jauh dengan hasil survei LSI pada awal April lalu. Elektabilitas wakil presiden tertinggi masih dipegang oleh Ridwan Kamil sebesar 19,5%, diikuti oleh Sandiaga Uno dengan 14,4%, AHY dengan 11,6%, Erick Thohir dengan 10,5%, dan Khofifah dengan 6,8% pada posisi kelima,” jelas Djayadi Hanan.

Dalam enam besar calon wakil presiden, terdapat nama Gibran Rakabuming Raka, putra dari Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo. Selain itu, terdapat juga nama Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

“Ada juga nama Pak Mahfud yang mendapatkan persentase yang cukup tinggi, yaitu sebesar 4,5%, dan terdapat juga beberapa nama ketua partai lainnya,” tambahnya.

Berikut adalah simulasi 17 nama calon wakil presiden yang diungkapkan dalam hasil survei LSI:

– Ridwan Kamil 19,5%
– Sandiaga Uno 14,4%
– AHY 11,6%
– Erick Thohir 10,5%
– Khofifah Indar Parawansa 6,8%
– Gibran Rakabuming 4,9%
– Mahfud Md 4,5%
– Andika Perkasa 2,5%
– Puan Maharani 2,5%
– Airlangga Hartarto 1,6%
– Susi Pudjiastuti 0,9%
– Muhaimin Iskandar 0,7%
– Ahmad Heryawan 0,5%
– Sri Mulyani 0,4%
– Tri Rismaharini 0,4%
– Zulkifli Hasan 0,2%
– Tito Karnavian 0,1%
– Lainya 1,5 %
– Tidak Jawab 16,5 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *