oleh

Tiba-Tiba Diperintah Impor Beras 2 Juta Ton, Zulkifli Hasan: Kalau Diputuskan Ya Kita Laksanakan

sekitarBANDUNGcom – Tersiar kabar bahwa pemerintah telah melaksanakan rapat terbatas yang membahas rencana IMpor beras sebanyak dua juta ton hingga desember 2023 nanti.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat diwawancarai pers di kantor Kementrian Koperasi dan UMKM pada hari Senin, 27 Maret 2023.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya akan mendukung rencana tersebut dan membantu rencana yang sudah dibahas perihal impor 2 juta ton beras tersebut.

“Kita supporting kalau (sudah) diputuskan rapat terbatas (ratas), ya kita laksanakan. Ya sudah itu saja,” ujarnya

Dilansir dari Kompas.com diketahui bahwa sebelumnya, ada kabar pemerintah akan mengimpor beras sebanyak 500.000 ton dalam rangka pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Hal itu diketahui setelah adanya Surat Penugasan tertanggal 24 Maret 2023 oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo yang menugaskan Perum Bulog untuk segera mengimpor beras sebanyak 500.000 ton.

Dalam surat itu dituliskan Bapanas menyatakan penugasan impor beras kepada Bulog merupakan hasil rapat Bapanas dengan Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2023 dengan topik Ketersediaan Bahan Pokok dan Persiapan Arus Mudik Idul Fitri 1444 H. “Kami menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) dari luar negeri sebesar 2 juta ton sampai dengan akhir Desember 2023. Pengadaan 500.000 ton oertama dilaksanakan secepatnya,” tulis Arief dalam suratnya. Arief juga meminta Bulog untuk tetap mengoptimalkan penyerapan hasil produksi dalam negeri terutama selama masa Panen Raya Maret-Mei 2023.

Artikel ini telah tayang di¬†Kompas.com¬†dengan judul “Pemerintah Bakal Impor Beras 2 Juta Ton, Mendag: Dukung dan Laksanakan”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *